Jangan Sia-siakan! 15 Amalan Pada Tanggal 10 Muharram Hanya Ada Sekali dalam Setahun | Berita keren

Jangan Sia-siakan! 15 Amalan Pada Tanggal 10 Muharram Hanya Ada Sekali dalam Setahun

merchant account for travel agency corporate travel agency for small business small business travel agency 01 argentina travel agency business travel agency festival travel agency best corporate travel agencies students travel agency direct lodging travel agency travel agency merchant account travel agency accounting software livonia travel agency travel agency southfield mi travel agency crm atnt travel agency in westminster corporate travel agency rankings connections travel agency travel agency insurance top corporate travel agencies largest corporate travel agencies travel agency website design bacc travel agency corporate travel agency travel agency management software travel agency owensboro ky travel agency errors and omissions insurance medical assistant travel agencies cerritos travel agency best accounting software for travel agency travel agency nyc chinatown online travel agency business ja travel agency business travel agencies travel agencies in namibia napa travel agency travel agency business card haleh travel agency pros and cons of travel agency business travel agency online booking engine marketing travel agency vietnamese travel agency houston corporate travel agencies travel agency booking software bon voyage travel agency new tours travel agency brooklyn new york japanese travel agency near me adriatic travel agency travel agency for business happy holidays travel agency top traveling nurse agencies student travel agency uk student travel agencies travel agency san gabriel travel agency platform insurance for travel agencies travel agency franchise opportunities travel agency in dhaka bangladesh travel agencies south africa how to build a travel agency business advertising slogans for travel agency travel nurse agencies reviews travel agency website builder travel agency school online breakaway travel agency top travel nursing agencies 2016 medical tourism travel agencies tours travel agency ms travel agency travel agencies in argentina travel agency bakersfield ca altair travel agency group travel agencies travel agency montreal downtown first class travel agency travel nursing agency travel agency program travel agency courses online travel agency morocco travel agency irvine ca how to get clients for travel agency leisure life travel agency vietnam travel agency how to have a travel agency australia travel agencies williamsburg travel agency travel agency introduction travel agency management system travel agency business model top travel agencies in canada travel agency in bangalore travel tour agency business plan sample travel agencies in colombia accredited travel agency schools ethiopia travel agency in dc pacific travel agency travel agency peru china travel agency near me traveling nurse agency chinese travel agency in dubai gomes travel agency
Alhamdulillah besok kita akan memasuki tanggal 10 Muharram yang di sebut oleh orang Yahudi sebagai hari yang baik. Maka pada hari tersebut mereka berpuasa. Namun umat muslim memiliki aturan pembeda dengan umat lainnya, sehingga keutamaan puasa di bulan muharram jatuh pada tanggal 9 dan 10 Muharram tidak hanya pada tanggal 10 Muharram saja.

Bicara tentang amalan, selain puasa, ternyata ada amalan-amalan yang utama dilakukan pada tanggal 10 Muharram. Sesuai namanya, Muharram, berarti ada banyak hal yang diharamkan, diantarnya adalah berperang. Pada bulan ini dilarang berperang. Maka amalan-amalan yang utamanyapun akan berlawanan dengan kekerasan. Adapun amalan tersebut adalah sebagai berikut.

Puasa pada tanggal 9 dan 10 Muharram, seperti yang sudah dibahas di atas.
Shalat 4 rakaat arau bisa juga shalat tasbih.
Shadaqoh. Sedekah ini utama dilakukan pada hari jumat dan pada bulan tertentu termasuk bulan Muharram.
Mandi besar. Ada pendapat mengatakan bahwa Barang siapa yang mandi dan juga membersihkan dirinya pada hari Asyura atau tanggal 10 Muharram, maka ia tidak akan terkena penyakit apapun juga pada tahun tersebut. Namun demikian, perihal kebenarannya, keutamaan mandi sendiri adalah membersihkan diri, jadi pun kita lakukan, tidak akan merugikan ttetapi justru menguntungkan.
Muhasabah diri/introfeksi. Momentum muharram lekat dengan tahun baru, bulan awal dan lembaran baru, sehingga pada bulan ini, banyak taklim yang mengangkat tema hijrah dalam pembahasaanya. Hal tersebut dilakukan tidak lain sebagai bahan perbaikan diri agar lebih baik. Maka, keutamaan pada tanggal 10 Muharram ini adalah bermuhasabah.
Memperkuat silaturahmi. Berapakali dalam setahun kita sempatkan diri bersilaturahmi selain pada momen idul fitri? pada tanggal 10 Muharram ini juga baik dilakukan silaturahmi.
Mengunjungi kiyai/orang alim. ini bisa juga dilakukan dengan melakukan taklim.
Menjenguk orang sakit. Keutamaan amalan ini baik dilakukan karena pada orang yang sakit, datang empat malikat mengelilinginya. Itu juga yang menjadi alasan bahwa da orang yang sakit itu makbul, maka sempatkanlah diri untuk menjenguk orang sakit dan meminta didoakan agar mendapat kebaikan di dunia dan akhirat.
Mengusap rambut anak yatim. Tanggal 10 Muharram disebut pula lebaran yatim. Di kampung-kampung biasanya mengadakan santunan anak yatim piatu atau membaut kegiatan yang membehagiakan mereka.
Membaca surat Al-Ikhlas. Kita sudah mengetahui keutamaan surat Al-Ikhlas ini salah satunya adalah 1/3 dari Al-Quran. Maka bacalah surat ini pada tanggal 10 Muharram.
Memuliakan faqir miskin. Agama islam terkenal dengan ajarannya memuliakan faqir miskin. Ini bisa dilakukan dengan menyantuni mereka atau bertanya kabar, membatu mereka sesuai kemampuan kita.
Menahan marah. Layaknya orang yang membuka lembaran baru dalam hidupnya, maka jagalah itu dengan menahan diri dari amarah.
Memperlihatkan jalan kebenaran. Maksudnya memperlihatkan jalan kebenaran bukan saja mengantarkan orang yang tersesat di jalan, tetapi juga saling menasehati dalam kebenaran dan kesabaran.
Memelihara kehormatan diri. Kehormatan adalah satu hal yang akan dibawa terus hingga kita wafat dan menjadi jalan amal baik menghampiri kita sampai alam akhirat kelak. pada tanggal tersebut baik pula menguatkan asa untuk senantiasa memelihara kehormatan diri dari sifat tercela seperti menghardik yang lemah, merasa aku dalam pekerjaan, dan lain sebagainya yang membuat nilai seorang muslim dalam diri mengendor.
Memakai celak. Selain sunnah dlakukan pada hari jumat, memakai celak juga baik dilakukan pada tanggal 10 Muharram.
Baiklah itu adalah 15 amalan ayang baik dilakukan pada tanggal 10 Muharram, semoga kita dapat memetik keutamaannya dan menjadi pribadi yang lebih baik. Aamiinn.

BACA SUMBER
close
==[ Klik disini 2X ] [ Close ]==